Pacaran dan Karier di Mata Zara Adhisty

Zara Adhisty (sumber: instagram/therealdisastr/zaraadhsty)
Zara Adhisty (sumber: instagram/therealdisastr/zaraadhsty)

Jagat media sosial hari ini tengah ramai membicarakan pengalaman Zara Adhisty. Artis muda nan cantik ini mengungkapkan dirinya sudah pacaran sejak TK. Hampir setiap naik kelas ia putus dengan pacar kecilnya itu.

Wah, kalau kamu bagaimana? Sudah pacaran sejak kapan?

Pacaran memang jadi episode menarik dalam hidup. Bagi anak muda, pacaran bisa diartikan macam-macam. Bisa jadi penyemangat belajar, penyemangat bekerja, belajar menghargai, ataupun ada juga yang menganggapnya penghambat untuk meraih tujuan tertentu.

Nah, artikel ini enggak akan mengarah ke sana ya. Itu sudah pasti jadi urusan kamu. Yang akan dibahas di sini adalah: bagaimana kondisi saldomu saat berstatus punya pacar?

Ini dia. Zaman sekarang, pacaran di depan teras rumah sepertinya sudah kuno. Muda-mudi +62, begitu sebutan untuk merepresentasikan anak muda Indonesia, lebih memilih ngedate ke luar rumah, mengunjungi tempat tertentu untuk melampiaskan kerinduannya.

Nah, konsekuensinya, jika ke luar rumah, maka uang yang harus keluar dari dompet juga berbeda jumlahnya. Jadi bisa dibilang, pacaran itu butuh modal.

Lalu berapa sih rerata modal yang dibutuhkan anak muda Indonesia untuk pacaran?

Ini dia yang juga menarik. Ternyata, penelitian terbaru menunjukkan generasi milenial tak mampu pacaran lantaran tak punya uang. Kesimpulan ini didasari dari riset yang dilakukan peneliti dari situs kencan Match sebagai studi tahunan yang menganalisis para jomlo milenial.

Sekurangnya, ada 5.000 partisipan yang terlibat. Kebanyakan sulit untuk pacaran karena harus punya biaya untuk membeli bensin, makan, jajan, ngopi, nonton, dan membelikan hadiah.

Situs Match juga mengungkapkan biaya pacaran di Amerika Serikat mencapai US$102 atau sekitar Rp1,4 juta. Biaya itu sudah termasuk makan malam romantis, sebotol anggur, dan tiket menonton film untuk dua orang.

Bagaimana kalau di Indonesia? Akun Instagram @Smartmoney.co pernah melakukan polling kecil-kecilan terhadap followers-nya. Umumnya untuk ke bioskop, makan, jajan, dan ongkos, sepasang kekasih bisa menghabiskan Rp200-Rp500 ribu saat akhir pekan.

Ada juga yang bisa menghabiskan sampai jutaan rupiah untuk berwisata ke taman bermain, makan di restoran, atau refreshing ke luar kota. Wah, besar juga ya.

Inilah yang kemudian memunculkan kelompok tak ingin pacaran. Sebanyak 20 persen milenial mengaku harus mencapai tingkat pendapatan tertentu sebelum menjalin hubungan yang serius. Sedangkan 23 persen lainnya juga harus mencapai karier tertentu barulah menjalin cinta.

Jadi bagaimana dong supaya kita enggak bangkrut sehingga bisa saving buat masa depan untuk menuju jenjang yang lebih serius? Yuk simak tips pacaran anti bangkrut di bawah ini.

1. Jadwalkan “jatah” dating

Ada baiknya hindari pertemuan dadakan. Sebab biasanya pertemuan dadakan berarti pengeluaranmu akan dadakan juga. Syukur-syukur jika kamu punya anggaran untuk itu. Lah kalau tidak ada? Masa iya kamu mau pake uang tabungan atau mengambil anggaran dari kebutuhan utama? Wah, bisa-bisa investasi gagal lagi dong.

Maka dari itu, upayakan kamu buat jadwal untuk ketemu dia. Batasi jumlah uang untuk pacaran. Ajak pacar untuk fokus menyimpan tabungan demi masa depan.

2. Siapa yang Bayar? Cowok atau Cewek?

Kata siapa harus selalu pria yang bayar semua pengeluaran pacaran? Gentleman? Ini yang salah. Selama sang pria memang tergolong sanggup untuk membayar semaunya ya tidak masalah. Namun pastikan dulu bahwa kantongmu memang mampu. Namun agar tidak memberatkan salah satu pihak, tidak ada salahnya kok sharing alias bergantian untuk membayar. Terbukalah untuk hal ini.

Kalau perlu, diskusikan dengan pasangan merchant mana saja yang sedang promo. Gunakan saja Sakuku yang sering banget kasih promo. Coba klik tautan ini untuk tahu promo-promonya. Ada promo makanan, promo nonton, dan promo-promo lainnya.

3. Ngedate di rumah, Masih Bisa Seru Kok

Di atas tadi sudah disinggung bahwa pacaran di teras rumah sudah kuno. Tapi yang kuno inilah yang ternyata jadi kunci hemat tidaknya kamu dalam pacaran. Sekarang tinggal bagaimana kamu dan pacarmu menyiasati agar suasana pacaran tetap seru.

Ada banyak hal kok yang bisa dilakukan. Milsanya menonton, memasak, atau bermain dengan saudara-saudara dari pasangan. Bukankah hal ini justru akan membuat hubungan kamu dengan keluarganya juga semakin dekat?

Itulah 3 tips yang bisa meminimalisir pengeluaranmu sehingga terhindar dari bangkrut karena pacaran. Jangan hanya karena uang, cintamu langsung hilang.

Jadi kira-kira bagaimana ya kalau kamu pacaran dengan Zara Adhisty? Tahan imajinasimu.

Sebab saat ini mantan anggota JKT48 tersebut memang memilih sendiri karena beberapa hal. Jomlo sudah jadi pilihannya ketika bergabung dengan grup vokal fenomenal tersebut. Menurutnya, ia memilih tak pacaran dulu karena karier.

"Belum pengen aja, karena masih pengen... sendiri itu enak. Kaya bebas dan enggak ada tanggung jawab untuk satu orang itu. Sekarang aku fokus karier dulu," katanya.

Ya, memilih jomlo karena hal lain macam mengejar karier seperti yang dilakukan Zara Adhisty sih oke saja ya. Tapi kalau memilih tidak pacaran karena tak punya uang?